712 Napi Dapat Remisi, Lapas Pamekasan Beri Fasilitas Khusus

  • Whatsapp

KABAR PAMEKASAN – Hari Raya Idul Fitri 1442 H menjadi momentum yang paling bahagia bagi sejumlah nara pidana (napi) Lapas Kelas IIA Pamekasan. Tahun ini, sebanyak 712 napi mendapatkan remisi Lebaran atau pengurangan masa tahanan yang mereka jalani.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Pamekasan M. Hanafi mengungkapkan, 712 napi tersebut terdiri dari 705 napi laki-laki dan 7 napi perempuan.

“Sebanyak 116 napi mendapatkan remisi 15 hari, dan 514 napi dapat remisi sebulan. Lalu, 71 napi mendapatkan remisi sebulan 15 hari, dan 11 napi mendapatkan remisi dua bulan,” terang M. Hanafi, Rabu (19/5/2021).

M. Hanafi mengatakan, remisi khusus hari raya bertujuan untuk memotivasi para warga binaan. Supaya sadar dan terus berbenah untuk lebih baik lagi.

Dijelaskan, napi yang mendapatkan remisi merupakan warga binaan yang berkelakuan baik selama berada di dalam lapas. Serta, mengikuti program pembinaan.

“Remisi ini sebagai lorong optimisme diri bagi napi untuk menjalani masa hukuman,” tambahnya.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, penyadaran diri biasanya tercermin dalam diri sendiri. Sehingga, pemberian remisi diharapkan dapat meningkatkan optemisme selama menjalani masa pidana di dalam lapas.

Hanafi, sapaan akrabnya, mengatakan selama wabah Covid-19, Lapas Kelas IIA Pamekasan tidak menerima kunjungan dari keluarga napi.

“Ini kali kedua kami tidak menerima kunjungan di hari raya untuk napi. Sebagai gantinya, kami vasilitasi warga binaan melakukan video call bersama keluarganya,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *