Demi Generasi Berdaya Saing, Pemkab Pamekasan Siapkan 2.000 Beasiswa Santri

  • Whatsapp

KABAR PAMEKASAN | Bupati Pamekasan Baddrut Tamam terus berkomitmen mencetak generasi putra-putri terbaik. Kinu pihaknya menargetkan 2.000 santri sebagai penerima beasiswa tahun 2021.

Beasiswa tersebut akan diberikan kepada santri yang kurang mampu, santri berprestasi, dan santri penghafal Al-Qur’an.

Bacaan Lainnya

Bupati Baddrut Tamam melalui Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Halifaturrahman mengungkapkan, saat ini Pemkab Pamekasan tengah berkordinasi dengan pendamping santri di sejumlah pesantren mitra. Itu sebagai persiapan santri yang berhak mendapatkan program beasiswa tersebut.

Untuk beasiswa santri tahap dua akan dimulai pada tahun ajaran baru atau sekitar Juni 2021. Sedangkan jumlah pesantren mitra tahun 2020 ada 61 pondok pesantren (ponpes). Namun, jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah sesuai dengan banyaknya calon penerima program itu.

“Beasiswa santri ini bertujuan membantu meringankan beban wali santri yang kurang mampu. Kemudian ingin mencetak santri berakhlak mulia, berawawasan keislaman, dan kebangsaan yang luas,” ungkapnya, Rabu (19/5/2021).

Lebih terperinci pihaknya mengatakan, nantinya Pemkab Pamekasan akan memberikan uang saku terhadap santri penerima beasiswa tersebut. Mereka, akan menerima uang saku sebesar Rp500 ribu setiap bulannya. Uang saku itu nantinya akan dibelanjakan di lingkungan ponpes supaya perekonomian pesantren dapat berputar.

Selain supaya perekonomian pesantren dapat berputar dengan baik, pemberian 2.000 beasiswa ini juga bertujuan untuk membentuk santri enterpreneur, santri yang mampu menghafal Al-Qur’an yang baik. Sehingga, bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Di tahun 2020 program ini telah menyasar 1.652 santri di sejumlah pondok pesantren mitra di Bumi Gerbang Salam. Sementara untuk tahun ini Pemkab Pamekasan menambah kuota penerima beasiswa menjadi 2.000 santri,” imbuhnya.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, program beasiswa santri tersebut merupakan program prioritas Bupati di bidang pendidikan. Sebab, Bupati menginginkan dengan adanya program seperti itu para santri memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di masa depan. Serta mampu berdaya saing dan religius dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai keislaman dan kebangsaan.

“Bupati ingin semua santri mempunyai wawasan yang luas dan bisa berpikir secara maju. Sebab, santri dan seluruh pemuda di Bumi Gerbang Salam merupakan harapan masa depan seluruh masyarakat Pamekasan,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *