Dinsos Pamekasan Cairkan 3.505 Bansos PKH Plus

  • Whatsapp

KABAR PAMEKASAN | Pemerintah Kabupaten Pamekasan mulai mencairkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Plus. Sasarannya lanjut usia (lansia).

Program yang juga disebut Bansos Jaminan Lanjut Usia (Jaslut) ini merupakan bantuan bagi lansia yang berumur 70 tahun ke atas.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan Mohammad Tarsun, melalui Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Pamekasan Hanafi menjelaskan, pihaknya saat ini telah mencairkan program PKH Plus.

“Pencairan PKH Plus ini tahap pertama. Ada sebanyak 3.505 orang lansia yang mendapat jatah program tersebut,” terang Hanafi, Kamis (29/4/2021).

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, program PKH Plus merupakan program pertama dari pemerintah provinsi yang memang dikhususkan untuk para lansia yang sudah berumur 70 tahun ke atas.

Dijelaskan, nanti penerima PKH Plus akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2 juta, dicairkan secara empat tahap selama setahun.

“Nanti pencairannya bertahap selama setahun. Besarannya Rp 500 ribu per tahap,” tambahnya.

Pihaknya mengatakan, para penerima PKH Plus tersebut tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Pamekasan. Sehingga, untuk pencairan tahap pertama, dilakukan di masing-masing kecamatan.

Pencairan dari program tersebutz hampir sama dengan pencairan PKH reguler. Cuma perbedaannya hanya bank penyalur dari PKH Plus ini tidak sama dengan PKH reguler.

“Perbedaannya cuma itu. Tapi ke depannya mungkin skema pencairan PKH plus masih sama. Yakni, dikumpulkan di masing-masing kecamatan dan bank penyalur akan datang ke kecamatan masing-masing sesuai jadwal yang telah ditentukan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan Mohammad Sahur mengatakan, pemerintah memang seharusnya memberikan perhatian khusus terhadap para lansia. Supaya mereka juga bisa merasakan hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

“Jika sudah berumur 70 ke atas ini kan banyak masyarakat yang sudah tidak mampu lagi bekerja. Jadi, dengan adanya bantuan seperti ini, setidaknya meringankan beban dari mereka,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *