Habiskan Rp4,7 M, Tahun 2021 Belum Ada Pelatihan WUB

  • Whatsapp

KABAR PAMEKASAN | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) Pamekasan menganggarkan Rp4,7 miliar untuk pelatihan  2.000 wirausaha baru (WUB) pada tahun 2020. Namun, sampai Mei 2021 belum ada satu pun kegiatan terlaksana, mengingat berubahnya sistem penganggaran.

Menurut Kepala DPMPTSP Naker Pamekasan Supriyanto, anggaran Rp4,7 miliar dikhususkan kepada pelatihan 2.000 WUB berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), namun untuk anggaran belum bisa dieksekusi, sebab ada perubahan anggaran secara umum pada APBD 2021.

“Tahun 2021 belum ada pelatihan, untuk yang program WUB, karena masih menunggu penganggaran tahun 2021, yang memang beda dengan tahun 2020, tahun 2021 itu, sekecil apapun belanjanya, mau beli jarum satu aja, harus masuk di SIPD, jadi harus diinput semua, setelah itu masih mencari harga satuannya,” paparnya, Minggu (22/5/2021).

Dijelaskannya, jika anggarannya sudah bisa digunakan pada bulan depan, pihaknya akan segera melaksanakan  2.000 target pelatihan WUB, dilaksanakan secara bertahap,  sehingga target tersebut bisa tercapai.

“Saya khawatir juga ini, sampai bulan lima, sudah mulai akhir, kok masih belum ada tanda-tanda cair. Mudah-mudahan bulan depan bisa dilaksanakan semua,” ulasnya.

Ia juga menambahkan, kegiatan WUB ada yang berupa pelatihan, ada yang berupa workshop, dan juga pemagangan, serta pendampingan, dengan melibatkan 41 fasilitator, sehingga bisa menstimulus warga untuk merintis usaha-usaha baru. (rul/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *