Teranggarkan Rp58,9 M, 12 Lembaga Tidak Bisa Cairkan BOS

  • Whatsapp
Karena persoalan administrasi, sedikitnya 12 lembaga pendidikan tidak bisa mencairkan dana BOS di Kabupaten Pamekasan. (Foto: Khayrul Umam Syarif)

KABAR PAMEKASAN | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan mencatat anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap ke-II tahun 2021 mencapai Rp58,9 miliar.  Dana tersebut menyasar 475  lembaga pendidikan tingkat sekolah dasar (SD).

Di sisi lain, masih ada 12 lembaga yang tidak bisa mencairkan BOS secara bersamaan, sebab kelengkapan administrasinya belum terpenuhi.

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Kesiswaan Disdikbud Pamekasan Amrullah, pada tahun anggaran 2021, jumlah anggaran BOS lebih tinggi dibandingkan tahun 2020. Pada tahun 2020 per siswa menerima Rp900 ribu. Sedangkan pada tahun 2021 setiap siswa menerima Rp1.030.000 yang diberikan kepada 57.210 siswa dari 475 lembaga, sehingga total dananya tahap 1 dan ke II pada tahun 2021 mencapai Rp58,9 miliar.

“Untuk tahun 2021 pada tahap I, mulai Januari hingga Maret sudah tuntas, untuk tahap II pada April gelombang pertama sudah, masih ada sisa 12 lembaga yang masih dalam proses,” paparnya, Rabu (26/5/2021).

Dijelaskannya, proses pencairan tahap II, yang masih  belum dicairkan dana BOS-nya sudah sampai pada pemrosesan rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS), dan Buku Kas Umum (BKU) tahap ke-III, sebab hal itu merupakan syarat pencairan dana BOS tahap ke-II  berdasar petunjuk teknisnya.

“Saat ini masih proses dari verifikasi dari pemerintah pusat, intinya 12 lembaga itu masih belum menerima dana BOS” ungkapnya.

Ia menegaskan, untuk pencairan dari dana Bos tahun 2021 tidak melalui Disdikbud Pamekasan, melainkan dari pemerintah pusat langsung kepada rekening masing-masing sekolah.

“Dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) langsung ke rekening sekolah, tidak melalui Disdik, Jadi pengelolaan penggunaan dana BOS betul-betul dimaksimalkan,” tukasnya. (rul/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *