Wamira Hadir, Perda Pembentukan PT AUMM Terancam Direvisi

  • Whatsapp

KABAR PAMEKASAN | PT. Aneka Usaha Mekkasan Makmur (AUMM) direncanakan akan direformasi. Perusahaan yang berdiri sejak 2012 ini berulang kali membangun usaha namun gagal. Bahkan sempat divakumkan pada tahun 2018. Kini, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut berencana membangun usaha baru, yakni membuka warung milik rakyat (wamira) dan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT).

Untuk mewujudkan usaha baru tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan berencana merevisi Perda tentang Pembentukan PT AUMM. Sementara itu, pemkab mengalokasikan dana sebesar Rp40 untuk perubahan perda tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Pamekasan Sri Puji Astutik, keputusan untuk mereformasi PT AUMM karena peranannya dinilai kurang optimal sejak berdiri tahun 2012. Bahkan PT AUMM sempat vakum pada tahun 2018.

“BUMD Pamekasan sekarang masih proses perubahan perda, sekarang proses dengan pihak ke-III, pembuatan naskah akademik, serta kajian terhadap perubahan perdanya,” paparnya, Kamis (27/5/2021).

Lebih lanjut, anggaran perubahan perda tersebut bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021 dan bekerja sama dengan Universitas Airlangga Surabaya (Unair) terkait penyiapan naskah akademiknya. Ia akan segera menetapkan direktur PT AUMM jika perubahan perda-nya rampung. Targetnya tahun ini selesai.

“Perubahan perda dengan usaha yang baru nantinya, dulu itu pernah usaha service AC, usaha teri nasi, dan usaha batik,” paparnya.

Ia mengakui, pada periode anggaran 2012-2015, PT AUMM menerima kucuran dana dari APBD sebesar Rp2 miliar. Namun menurutnya,  selama delapan tahun berdiri hingga dibekukan pada 2018, PT AUMM belum maksimal dalam menjalankan usahanya.

“Jadi nanti jagi pengelolaan warung milik rakyat (wamira), pengelolaan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT), jadi rumusannya akan sinergi dari semua bidang usaha pemkab,” tukasnya. (rul/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *