EJSC Aktif Cetak Generasi Milenial Kreatif

  • Whatsapp

KABAR PAMEKASAN | Perkembangan era digital menuntut kaum milenial berperan aktif menjadi pelaku digital yang produktif dan inovatif. East Java Super Corridor (EJSC) yang dibentuk Maret 2020 lalu oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur hadir membantu kaum milenial di Madura mengatasi tantangan tersebut.

Advisor EJSC Pamekasan Erlangga Eko Febryansyah menuturkan, minat milenial di Pamekasan cukup tinggi. Bahkan, sejauh ini tidak kurang dari 100 orang bergabung dengan EJSC untuk meningkatkan pengetahuan dan potensi di bidang digital.

Bacaan Lainnya

“Ini tempat yang di dalamnya diciptakan ekosistem yang diharapkan muncul industri kreatif,” ucap alumnus Universitas Brawijaya Malang tersebut.

Dijelaskannya, di setiap kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) di Jawa Timur memiliki EJSC. Seperti di Bakorwil Jember, Madiun, Bojonegoro dan Malang. EJSC sendiri memiliki tiga bidang, yaitu pelayanan satu atap, pemberdayaan masyarakat, dan millennial job center (MJC).

Dijelaskannya, MJC merupakan wadah bagi milenial kreatif yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya di dunia digital. Menurutnya, dari 11 kategori milenial kreatif, mayoritas milenial Pamekasan menggeluti tiga kategori: yaitu desain grafis, fotografi dan videografi.

Pihaknya mewadahi mereka dengan fasilitas tempat yang representatif dan perangkat yang memadai. Terdapat tiga tempat yang disediakan, yaitu: Comment Center sebagai ruang pelatihan berbasis teknologi. Coworking space untuk mengerjakan project, dan Meeting Room untuk rapat tertutup.

“Semua fasilitas tersebut dapat digunakan siapa saja secara gratis,” ungkapnya.

Pihaknya memiliki sejumlah mentor di setiap bidang. Mentor tersebut memberikan wawasan mengenai teknik pengoperasian platform digital agar milenial kreatif sukses di dunia digital.

“Tidak hanya personal, kita juga mewadahi komunitas milenial tidak punya tempat, agar proaktif memunculkan ide,” ujar pria 28 tahun itu.

Selain itu, pihaknya menjadi penyambung antara UKM dan korporasi dengan kaum milenial kreatif. Tidak sedikit korporasi yang membutuhkan jasa di bidang desain grafis, fotografi ataupun videografi, tinggal datang ke EJSC, di sana terdapat banyak talenta muda yang dapat diandalkan. (ali/maf).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *