Pilkades Serentak, Pemilih per TPS Dibatasi

  • Whatsapp
Pilkades serentak yang akan diselenggarakan pada 20 September 2021 membutuhkan 555 TPS. (Foto: Khoyrul Umam Syarif)

KABAR PAMEKASAN | Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan mencatat bahwa pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) 20 September 2021 di 74 desa membutuhkan 555 lokasi tempat pemungutan suara (TPS). Hal tersebut dikarenakan penerapan protokol kesehatan (protkes) Covid-19 setiap TPS.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMD Pamekasan Ach. Faisol, perencanaan 555 TPS pada penyelenggaraan Pilkades serentak, disebabkan pembatasan jumlah pemilih 500 orang per TPS.

Bacaan Lainnya

“Masalah TPS, kami memprediksi kemarin ada sebanyak 555 lokasi. Itupun nanti menyesuaikan dengan kondisi di lapangan,” paparnya, Selasa (8/6/2021).

Lebih lanjut, penentuan dari TPS tersebut berdasar dari data pemilihan tetap (DPT) pada pelaksanaan pemilihan legislatif (Pileg) terakhir di suatu daerah, sesuai dengan regulasi dalam pelaksanaan Pilkades, sehingga jumlah TPS per desa disesuaikan dengan jumlah DPT masing-masing desa.

“Per TPS maksimal 500 orang, pemerintah daerah sudah berupaya mencegah penularan Covid-19,” ulasnya.

Ia menegaskan, setelah pendaftaran para calon kepala desa (kades) ditutup, kemudian dilanjutkan dengan  pencacahan terhadap daftar pemilih sementara, setelah itu baru diproses daftar pemilih tambahan.

“Sifatnya warga yang ada di desa, ketika warga yang terdaftar tidak ada, segera lapor kepada panitia,” urainya.

Sementara itu, mengenai pelaksanaan pemilihan menggunakan sistem coblos kotak suara,  sesuai dengan regulasi yang ada.

Ia juga menjelaskan, progres pelaksanaan Pilkades sudah selesai pada pembentukan panitia di masing-masing desa. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi regulasi kepada panitia di masing-masing desa.

“Pembentukan panitia desa sudah selesai, yang kemudian nanti akan dilanjutkan dengan sosialisasi kepada panitia desa,” urainya. (rul/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *