F-Demokrat Desak Percepat Reformasi Birokrasi

  • Whatsapp
Banyaknya pejabat Plt di sejumlah OPD dikhawatirkan menghambat kinerja pemerintah. (foto: Ali Wafa)

KABAR PAMEKASAN | Banyaknya pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang berstatus pelaksana tugas (Plt) membuat Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan khawatir menghambat kinerja Pemkab Pamekasan.

Karena itu, anggota Fraksi Demokrat DPRD Pamekasan Ismail meminta pemerintah segera menyiapkan formulasi baru mengenai kebijakan reformasi birokrasi. Sebab, peran Plt menurutnya masih memiliki banyak keterbatasan dalam menjalankan tugas. Sementara dalam pandangannya, reformasi birokrasi merupakan pangkal dari kualitas pelayanan publik.

Bacaan Lainnya

“Karena ketika Plt yang menjabat, kebijakan-kebijakan strategis itu tidak bisa dieksekusi dengan baik oleh Plt, karena ada batasan,” ucap Ketua Komisi III DPRD Pamekasan itu.

Sementara itu, pihaknya menilai, di semua OPD terdapat visi dan misi bupati yang harus dijalankan secara optimal dan sungguh-sunguh-sungguh. Namun, saat OPD tersebut dijabat oleh Plt, maka pimpinan OPD merasa ragu untuk melanjutkan tugasnya. Sementara Plt menurutnya hanya sekadar tugas sementara untuk mengeksekusi program.

Keterbatasan wewenang Plt menurutnya membuat pimpinan OPD tidak bisa penuh dalam mengambil kebijakan. Sehingga para pejabat Plt ragu dalam menjalankan tugas secara optimal,  juga diiringi kekhawatiran dalam mengambil resiko.

“Itu yang menjadi persoalan. Makanya kenapa kemudian Demokrat mendesak itu,” tukas Ismail.

Bupati memaparkan, terkait pengisian jabatan eselon dua telah terbentuk panitia seleksi dan mutasi. Sementara untuk pimpinan tinggi pratama selanjutnya, akan diproses oleh komisi aparatur sipil negara untuk mendapatkan rekomendasi pelaksanaan seleksi terbuka pimpinan tinggi pratama. Sementara untuk jabatan eselon empat, menunggu penyederhanaan birokrasi melalui pemetaan jabatan struktural dan jabatan fungsional.

“Konsepnya telah diusulkan ke Kemenpan,” ucapnya (ali/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *