Dinsos Rencanakan 265 Lansia yang Tidak Menerima Bantuan Terpenuhi dari CSR Perusahaan

  • Whatsapp
Dinsos Pamekasan merencanakan lansia sebatang kara yang tidak tercover sebagai penerima bantuan, bisa dipenuhi dari CSR perusahaan. (Foto: Khoyrul Umam Syarif)

KABAR PAMEKASAN | Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan tidak bisa mengcover seluruh warga lanjut usia (lansia) masuk kualifikasi sebagai penerima bantuan makanan 2 kali sehari. Penyebabnya yaitu untuk anggaran dana terbatas, sehingga saat ini hanya ada 400 lansia yang menerima bantuan.

Menurut Kepala Dinsos Pamekasan Moh. Tarsun, data awal yang masuk dari desa dan kelurahan untuk diverifikasi sesuai dengan peraturan bupati (Perbup), sekitar 4000 orang. Namun, setelah dilakukan verifikasi dan validasi, terdapat 665 orang lansia memenuhi kualifikasi sebagai penerima bantuan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Yang diberikan bantuan ada 400 orang yang masuk pada APBD, ada sisa 265 orang yang masih belum diberi bantuan,” paparnya, Rabu (16/6/2021).

Ditegaskannya, 265 orang yang tidak tercover tersebut akan ditawarkan kepada pada perusahaan melalui dana corporate social responsibility (CSR).

“Kami masih mengupayakan melalui CSR dari perusahaan atau perbankan, sebentar lagi mungkin akan dikumpulkan,” ulasnya.

Tarsun juga menjelaskan, 400 orang yang sudah menerima bantuan mulai tanggal 15 Juni 2021 tersebut, sudah melalui pertimbangan matang. Dengan menilai beberapa aspek kelayakan.

“Itu diambil paling layak,” ujarnya.

Dalam program tersebut, terdapat 15 pendamping yang dikhususkan untuk mengadvokasi berjalannya program. Setiap satu kecamatan satu pendamping, sementara dua pendamping sisanya berada di kantor dinsos yang bertugas menerima laporan pendamping di lapangan, dan memastikan jatah nasi yang diberikan kepada lansia tepat waktu.

“2 koordinator bisa menerima laporan di kantor kami, khususnya perkembangan pemberian bantuan yang diberikan kepada lansia,” tukasnya.  (rul/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *