DPKP Gelontorkan Rp2,6 Miliar untuk Pembangunan SPAM di Desa Terak

  • Whatsapp
Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pamekasan anggarkan Rp2,6 miliar untuk pembangunan SPAM di Desa Terak. (Foto: Khoyrul Umam Syarif)

KABAR PAMEKASAN | Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pamekasan telah melakukan pelelangan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Desa Terak Tlanakan. Sementara itu, anggaran yang digunakan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp2,6 miliar.

Menurut Kepala DPKP Pamekasan Muharram, anggaran tersebut dikhususkan untuk peningkatan SPAM jaringan perpipaan di kawasan pedesaan, yaitu dengan penambahan sumur dalam terlindungi atau broncaptering, sehingga cakupannya bisa menjamin ketersediaan air bersih di desa tersebut.

Bacaan Lainnya

“Harapannya tahun ini tuntas tidak ada masalah, kondisi sekarang sedang proses lelang, mudah-mudahan lancar,” paparnya, Selasa (22/6/2021).

Pertimbangan adanya pembangunan di desa tersebut yaitu untuk menyediakan air bersih dan mengatasi kekeringan selama ini dialami warga desa.

“Sumber dananya dari dana alokasi khusus (DAK), semoga bisa sesuai dengan deadline akhir, yaitu tanggal 21 Juli ini sudah proses kontrak,” ujarnya.

Muharram menegaskan, sasaran pengerjaannya akan  difokuskan pada 3 desa jika sudah ada sumber airnya; yaitu Desa Terak, Desa Manggar, dan Desa Bandaran.  Karena menurutnya, ketika musim kemarau. ketersediaan air di desa tersebut sangat minim.

“Yang terpenting pipa-pipa yang akan dialirkan nantinya bisa lancar, sehingga bisa dikembangkan jika sumber airnya memadai,” ulasnya.

Dijelaskannya, tidak menutup kemungkinan, selain dana dari APBN, akan ada dana tambahan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Namun hal itu tergantung potensi sumber mata air yang akan dikerjakan nanti.

“Untuk tambahan dananya menunggu hasil perkembangan nantinya, kalau potensinya dianggap cukup besar, pasti ada pengembangan,” pungkasnya. (rul/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *