Pembangunan Tol Trans Madura, Bappeda Sebut Belum Diajak Berunding Rancangan

  • Whatsapp
Kepala Bappeda Pamekasan, Taufikurahman. (Foto: Dokumen KM)

KABAR PAMEKASAN | Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pamekasan menyambut baik rencana pembangunan jalan tol Trans Madura. Namun sejauh ini belum ada koordinasi lebih lanjutnya.

Menurut Kepala Bappeda Pamekasan Taufikurahman, sepengetahuannya, dalam proyek besar di suatu daerah, biasanya ditangani langsung oleh pemerintah pusat, sebab anggarannya biasanya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Bacaan Lainnya

“Pokoknya pembangunan infrastruktur oke, tapi pemerintah pusat mesti mengukur, ketika membangun pasti ada visibilities studies, ketika membangun ini apa kompensasinya, kan begitu,” paparnya, Rabu (23/6/2021).

Mengukur yang dimaksud Taufik, pembangunan tersebut dipastikan memiliki faktor lain, seperti penyiapan daerah industri atau atas pertimbangan lain dengan tujuan menggeliatkan ekonomi. Sebab dia yakin, tol tidak hanya berfungsi sebagai jalur transportasi kendaraan belaka.

“Artinya tidak hanya untuk dikhususkan untuk jalur bus saja, melainkan kajian mesti konkret yang mencakup semua bidang,” ucap pria asal Sumenep ini.

Mantan kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan itu mengaku belum pernah ada rapat secara khusus terkait tol Trans Madura, baik dengan empat kabupaten di Madura maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dan pemerintah pusat.

Namun sejatinya dia sangat mendukung rencana tol yang akan dibangun 150 kilometer  itu. Terlebih melewati deretan pantai utara Madura. Kendati demikian, pelaksanaannya harus dipastikan dan harus terkoordinasi secara komprehensif dengan para pemangku kebijakan di Madura. Tujuannya, untuk menghindari polemik di kemudian hari.

“Kalau lahan untuk tol ini yang penting harganya cocok, pasti mereka melepas, jadi sesuai dengan harga pasar yang riil, semoga pembangunan di Madura bisa berjalan dengan baik,” tutup Taufik. (rul/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *