Pendaftaran BPUM Tahap II Masih Membuka

  • Whatsapp
Diskop UKM Pamekasan masih belum melakukan pendataan jumlah pemohon yang akan mengajukan BPUM tahap II. (Khoyrul Umam Syarif)

KABAR PAMEKASAN | Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Pamekasan  membuka pendaftaran tahap II kepada pelaku usaha yang ingin mengajukan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Sementara untuk pendaftaran tahap I tahun 2021,  6.109  pelaku usaha telah diajukan untuk menerima bantuan tersebut.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Diskop UKM Pamekasan Abdul Fata,  terkait usulan penerima BPUM yang diajukan tahun 2021, belum ada satupun yang menerima bantuan sebesar Rp1,2 juta tersebut. Kementerian Koperasi dan UKM masih melakukan cleansing data  kepada 6.109 pelaku usaha untuk memastikan usulan tersebut memenuhi kualifikasi atau tidak.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan informasi yang kami terima, usulan tahun 2020 diproses kembali,  apakah ia masuk kepada daftar penerimaan 2021 atau tidak, jadi yang memproses itu Kementerian Koperasi dan UKM. Namun pemerintah masih menerima usulan yang baru pada tahun 2021,” paparnya, Kamis (24/6/2021).

Fata menjelaskan,  untuk data sementara yang diterima berdasarkan usulan tahun 2020, terdapat 14 pelaku usaha yang sudah mendapatkan BPUM dari total 83 ribu pelaku usaha yang diusulkan. Namun, saat ini masih dibuka untuk usulan tahap II tahun 2021; terakhir pada tanggal 25 Juni 2021.

“Untuk Tahap pertama tahun 2021 ditutup tanggal 31 April. Tetapi ada keputusan lagi untuk dibuka pada bulan Mei, dan ditutup pada tanggal 25 Juni,” urai Fata.

Ditegaskannya, pendaftaran BPUM tersebut dimungkinkan akan dibuka kembali  pada tahun 2021 jika ada instruksi dari Kementerian Koperasi dan UKM.

“Untuk tahap I ada 6.109 pelaku usaha, sedangkan tahap II masih belum dilakukan revitalisasi,” tukasnya. (rul/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *