PUPR Pamekasan Mengklaim Sudah Menginventarisasi Jalan

  • Whatsapp
Jalan poros kabupaten dan jalan poros desa berikut kondisi kerusakan semua jalan diminta update. (Foto: Ali Wafa)

KABAR PAMEKASAN | Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pamekasan mengklaim kegiatan inventarisasi jalan di Pamekasan sudah dilakukan. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Peningkatan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Pamekasan Pimpi Irdiawan.

“Kami sudah lakukan inventarisasi. Semua kondisi jalan sudah terdata di kami,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, inventarisasi jalan mulai dari peta lokasi jalan poros kabupaten dan jalan desa sudah dilakukannya. Pihaknya juga mengaku telah melakukan inventarisasi kondisi kerusakan di semua jalan. Namun, untuk status jalan poros kabupaten dan desa, dia mengaku telah ditetapkan oleh surat keputusan (SK) Bupati Pamekasan.

Dia menuturkan, inventarisasi status jalan tidak perlu dilakukan lagi, karena telah terdata secara rinci bagian-bagian jalan poros kabupaten dan jalan poros desa di dalam SK bupati tersebut. Meski begitu, dia enggan memperlihatkan uraian dari SK tersebut.

Dia menyampaikan, cukup mudah untuk membedakan mana jalan poros kabupaten dan mana jalan poros desa. Jalan poros kabupaten adalah jalan yang menghubungkan antarkecamatan sementara jalan poros desa menghubungkan antardesa.

“Itu sudah ada di SK bupati, jadi di sana dirinci mana saja jalan poros kabupaten dan jalan poros desa,” ucap Pimpi.

ementara itu, Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan menemukan sejumlah jalan yang belum terinventarisasi dengan baik oleh Dinas PUPR. Termasuk sejumlah kondisi jalan menurutnya juga belum terdata dengan baik.

Dia berpandangan bahwa inventarisasi ulang perlu dilakukan agar saat kondisi jalan membutuhkan penanganan, tidak ada tarik ulur antara pemkab dengan pemerintah desa mengenai status jalan.

“Ini penting untuk dikoordinasikan dengan semua pemerintah desa,” ucap politisi Partai Demokrat itu. (ali/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *