Di Pamekasan Hanya 1 Puskesmas yang Terakreditasi Paripurna

  • Whatsapp
Dari 21 puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan, 1 puskesmas belum terakreditasi. (khoyrul Umam Syarif)

KABAR PAMEKASAN | Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan menginventarisasi 21 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Pamekasan. Dari jumlah tersebut, 1 puskesmas yang terakreditasi paripurna, 2 puskesmas terakreditasi utama, 1 puskesmas belum terakreditasi, dan sisanya terakreditasi  madya.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Pamekasan dr. Syaifuddin, kendala utama penentuan akreditasi tergantung beberapa aspek; di antaranya yaitu administrasi manajemen, bidang upaya kesehatan masyarakat, dan bidang upaya kesehatan perorangan.

Bacaan Lainnya

“Jika dari ketiga aspek tersebut 85 persen terpenuhi, maka termasuk akreditasi utama, jika mencapai 90 persen, bisa akreditasi paripurna, di bawah itu terakreditasi madya,” paparnya, Minggu (27/6/2021).

Rinciannya, untuk puskesmas yang terakreditasi paripurna yaitu Puskesmas Pegantenan, puskesmas yang terakreditasi utama yaitu Puskesmas Waru dan Puskesmas Palengaan, sisanya terakreditasi madya, terkecuali Puskesmas Larang Badung yang belum terakreditasi, sebab masih tergolong puskesmas baru.

Ia menjelaskan, pihaknya berupaya meningkatkan status akreditasi puskesmas yang masih belum masuk kategori puskesmas paripurna. Seperti melakukan pendampingan, dengan menugaskan 1 pendamping untuk 1 puskesmas. Tujuannya untuk menggalang komitmen dan melakukan assessment bersama berkaitan dengan problem yang ditemui dari puskesmas tersebut.

“Jadi, kami mendampingi guna memfasilitasi, sebab yang menentukan akreditasi yaitu komisi akreditasi dari Kemenkes RI,” ulasnya.

Ditegaskannya, hasil dari akreditasi yang sudah di-assesment oleh Kemenkes RI, berpengaruh terhadap fasilitas kesehatan (faskes) di masing-masing puskesmas, termasuk terhadap pelayanan kesehatan yang harus sesuai dengan standar yang ditentukan.

“Dampaknya faskes dan pelayanan kepada masyarakat meningkat,” tukasnya. (rul/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *