Pemotongan Hewan Kurban Disarakan Digelar di RPH

  • Whatsapp
Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Pamekasan menyarankan hewan kurban dipotong di RPH, dan pendistribusiannya dilakukan petugas. (Foto: Zubaidi)

KABAR PAMEKASAN | Kementerian Agama Republik Indonesia telah memutuskan bahwa Hari Raya Idul Adha 2021 jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021.

Tahun ini merupakan kedua kalinya ibadah kurban dilaksanakan di masa-masa pandemi Covid-19. Sehingga pemkab melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) menyarankan penyembelihan hewan kurban dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH).

Bacaan Lainnya

Hal itu dilakukan karena saat ini Pamekasan juga sedang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dari 3-20 juli 2021.

“Sesuai Peraturan Menteri Agama Nomor 17 tahun 2021, penyembelihan hewan kurban dilakukan di RPH,” terang Budi, Kamis (15/7/2021).

Dalam edaran tersebut diatur mengenai penerapan jaga jarak, protokol kesehatan, dan kebersihan petugas/pihak yang berkurban, dan juga kebersihan alat.

Budi melanjutkan, penyembelihan hewan kurban bisa dilakukan  dalam waktu tiga hari, yakni pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Hal itu untuk menghindari kerumunan di lokasi pelaksanaan kurban.

Namun, untuk wilayah yang jauh dari RPH pihaknya mempersilakan menggelarnya di lapangan. Dengan syarat tidak menimbulkan kerumunan massa, tidak memotong sendiri hewan kurbannya, dan tidak menyaksikan pemotongan hewan kurbannya.

“Semuanya cukup diwakilkan kepada panitia yang profesional dan amanah,” sambungnya.

Selain penyembelihan hewan kurban yang dilakukan di RPH, ia juga meminta agar pendistribusian hewan kurban dilakukan oleh petugas yang memang sudah ditunjuk di masing-masing desa.

“Jika dulu calon penerima diundang dan disebarkan kupon lalu datang ke lokasi, sekarang biar petugas yang mengantarkan ke masing-masing penerima. Hal ini untuk menghindari kerumunan,” pungkasnya. (bai/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *